Pengertian POAC ( Planning Organizing Actuating Controlling)

0
10008
pengertian poac

Pengertian POAC – Sebagai seorang pemimpin wajib hukumnya untuk mengetahui cara menggapai suatu tujuan. entah anda pemimpin organisasi maupun perusahaan.

dan cara untuk menggapai tujuan tersebut dikenal dengan istilah POAC kepanjangan dari planning, organizing, actuating, dan controlling.

1.Planning

Perencanakan merupakan prosess membuat langkah – langkah yang teratur dan sistematik untuk mencapai tujuan. secara garis besar perencanaan ini hanya membuat program kegiatan dan pembiayaan (budjet).

Rumus Smart sangat berguna sekali untuk pembuatan planning. semua kegiatan harus memenuhi kriteria SMART agar lebih efektif dan efisien.

  • Specific : rencana harus jelas maksudnya, harus mendekati tujuan tidak boleh melebar dan melenceng.
  • Measurable : semua rencana yang dibuat harus terukur dengan jelas.
  • Achievable : rencana harus dapat dicapai.
  • Realistic : sesuai dengan sumber daya yang dipakai dari sdm dan anggaran yang ada
  • Time : ada batasan waktu jam, hari, bulan, atau tahunan. sehinngga bisa rencana bisa dievaluasi agar lebih baik lagi kedepannya.

2. Organizing

Setelah membuat rencana kegiatan langkah selanjutnya organizing (pembagian tugas). didalam langkah ini anda harus membentuk struktur organisasi. setelah struktur organisasi terbentuk anda bisa membagi tugas kepada setiap bagian yang bersangkutan.

Semakin tinggi jabatan dalam struktur organisasi tanggung jawab yang dipikul juga semakin tinggi. untuk itulah jangan sembarang dalam mempercayakan jabatan yang tinggi kepada seseorang yang tidak berkompeten, selektiflah dalam memilih.

Dengan Organizing (pembagian tugas) proses untuk mencapai tujuan akan menjadi semakin efektif dan efisien.

Baca : Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Malas Terhadap Sesuatu

3. Actuating

Langkah ini merupakan tahap eksekusi semua rencana yang telah dibuat dan dibagi tugasnya. jalankan sesuai dengan rencana jangan sampai ada yang melenceng nanti hasilnya akan berbeda tak seperti yang diharapkan.

BACA  Menggunakan Strategi Sun Tzu The Art Of War Untuk Menggapai Sukses

Dalam proses actuating ini peran sebagai pemimpin sangatlah vital harus mengarahkan dan memotivasi para pekerjanya untuk bekerja dengan penuh dengan semangat. serta menjunjung tinggi kerja sama.

4. Controlling

Agar Rencana berjalan dengan visi dan misi dibutuhkan pengontrolan. baik dalam bentuk evaluasi, inspeksi,  maupun pengawasan. selain itu juga harus ada evaluasi dalam segala hal, struktur organisasi, pembiayaan, program kerja dll.

Baca : Cara Membangkitkan Semangat Kerja yang Menurun

Yang terpenting dalam langkah controlling ini ialah mengenali gangguan – ganguan yang membuat melenceng semua rencana yang ada di proses organizing maupun actuating. setelah mengenali gangguan carilah solusi untuk mengatasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.