Tips memilih jurusan kuliah – Menentukan jurusan kuliah bagi siswa-siswi tingkat akhir sekolah menengah adalah suatu hal yang membuat mereka pusing tujuh keliling. Banyak pertimbangan yang perlu direncanakan, seperti kampus mana yang diinginkan, jurusan kuliah, biaya selama kuliah, prospek karir dan sebagainya.

Bagi yang masih bingung, tepat sekali kamu menemukan artikel ini. Sebab, artikel ini akan membahas hal-hal atau tips yang bisa kamu lakukan sebelum menentukan jurusan kuliah. Penasaran?

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah Ini Wajib Kamu Ketahui

Yuk langsung kita simak ulasan tentang tips apa yang perlu kamu perhatikan dalam memilih jurusan kuliah berikut ini!

Tentukan jurusan kuliah sesuai passion

Lihat passion yang ada di dalam diri kamu sendiri. Passion merupakan langkah awal yang bisa membantumu dalam menentukan tujuan akhir karir nanti. Caranya ialah dengan memilih jurusan yang berkaitan dengan hobi atau minat bakatmu.

Kamu bisa menggali terus hal yang selalu mencuri perhatianmu dalam kegiatan sehari-hari. Misalkan, kamu suka dengan hal-hal yang berbau pendidikan, maka kamu bisa memilih jurusan Pendidikan. Mulai dari Pendidikan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, MIPA dan sebagainya.

Carilah jurusan kuliah yang memberikan motivasi

Selain passion, motivasi juga bisa menjadi salah satu hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih jurusan kuliah. Pasalnya, motivasi akan sangat membantumu dalam melewati segala sesuatu yang mungkin membuat kamu malas.

Seperti malas berangkat kuliah, malas mengerjakan tugas bahkan sampai memilih keluar dari kampus. Dengan memiliki motivasi yang kuat, kamu akhirnya memiliki tujuan untuk selalu berangkat kuliah, menyelesaikan tugas serta menyelesaikan pendidikan sampai sarjana.

Pertimbangkan prospek jurusan kuliah

Tips memilih jurusan kuliah berikutnya adalah mempertimbangkan prospek dari jurusan tersebut. Apakah jurusan itu bisa membawamu ke jenjang karir yang tinggi, jumlah kompetitornya dan masih banyak lagi.

Lihat prospeknya sampai lima tahun ke depan, karena kamu lulus sarjana maksimal 5 tahun. Jadi, kamu bisa sekalian menentukan apakah prospek kerja jurusan kuliah tersebut masih banyak dicari atau tidak.

Lakukan riset ketika menentukan jurusan kuliah

Jangan lupa melakukan riset untuk menentukan jurusan kuliah. Selain prospek, kamu juga perlu mencari tahu bagaimana sistem pengajaran pada universitas atau kampus tujuanmu.

Akreditasi jurusan juga perlu kamu perhatikan. Dengan tahu bagaimana sistem pengajaran serta akreditasi jurusan di kampus tersebut, maka kamu pun bisa meningkatkan minat belajar saat mulai kuliah nanti.

Konsultasikan kepada orang terdekat yang sudah berpengalaman

Terakhir, kamu bisa melakukan diskusi bersama orang terdekat yang sudah kuliah atau tenaga ahli seperti psikolog pendidikan. Diskusikan tentang berbagai pilihan jurusan kuliah yang kamu minati.

Dengan berdiskusi bersama, kamu bisa mendapatkan sudut pandang dan pengetahuan baru yang mungkin sebelumnya tidak terpikirkan sama sekali. Pikiranmu pun jadi lebih jernih dalam menentukan jurusan kuliah yang tepat dan sesuai passion yang kamu punya.

Itulah beberapa tips memilih jurusan kuliah yang bisa kamu terapkan. Semoga ulasan dari Jendela Inspirasi ini bisa membantu, ya! Jangan lupa selalu ikuti artikel terbaru hanya di jendelainspirasi.com.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *