Beli Rumah Cash dengan Gaji UMR – Setiap orang pasti berkeinginan membeli rumah impian yang nyaman, terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga. Tetapi, bagaimana strategi membeli rumah cash jika gaji saja masih setara dengan Upah Minimum Regional?

Gaji UMR untuk setiap daerah memang berbeda-beda. Namun, berapapun jumlahnya, jika kita bisa mengelola keuangan dengan baik, maka uang tersebut cukup untuk membeli rumah secara cash.

Definisi Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan merupakan kegiatan untuk mengatur, menyimpan, merencanakan, dan mengendalikan dana yang kita miliki. Manajemen seperti ini tidak hanya untuk skala perusahaan, tetapi bisa kita terapkan dalam keuangan pribadi, ya.

Kegiatan pengelolaan uang pribadi ini tentunya mempunyai tujuan yang pasti dan jelas. Tujuannya yakni mengatur arus penghasilan dan pengeluaran, memaksimalkan keuangan, memastikan kebutuhan tercukupi, dan mempersiapkan keuangan di masa depan. Dengan demikian, jika Anda bergaji UMR, artinya Anda perlu mengatur keuangan 3 juta per bulan dengan baik.

Tips Manajemen Keuangan Supaya Bisa Beli Rumah Cash dengan Gaji UMR

Rutin Menabung

Langkah awal yang dapat kita lakukan adalah dengan menabung uang dari penghasilan. Jika kita ingin membeli rumah secara cash, kita harus menyisihkan penghasilan di awal gajian. Hal ini berguna untuk menghindarkan kita dari memakainya untuk kebutuhan lainnya.

Kita dapat menabung dengan menyisihkan 20 sampai 30 persen dari gaji bulanan. Kemudian, kita bisa menghitung berapa lama harus rutin menabung hingga sesuai dengan harga rumah yang ingin kita miliki.

Jangan Budayakan Hutang

Jika kita masih mempunyai cicilan atau hutang, lebih baik kita lunasilebih dulu agar tidak mengganggu usaha kita dalam menabung. Tidak hanya itu, kita akan jauh lebih mudah melakukan manajamen keuangan jika kita tidak memiliki hutang.

Alokasi Kebutuhan dengan Jelas

Kebutuhan pokok seperti makan, transportasi, tagihan listrik, dan kebutuhan lainnya harus menjadi prioritas utama. Kita perlu memastikan bahwa mampu mengalokasikan penghasilan untuk kebutuhan bulanan dengan maksimal.

Kebutuhan tersier seperti hiburan, jalan-jalan, atau membeli barang masuk ke dalam prioritas yang paling akhir, ya. Dengan cara ini, kita bisa membeli rumah secara cepat dengan lebih cepat.

Menentukan Harga Rumah

Tips selanjutnya agar bisa beli rumah cash dengan gaji UMR adalah menentukan kisaran harga yang ingin kita beli. Pastinya, dalam hal ini kita perlu memperhatikan kesanggupan diri. Jangan sampai karena gengsi membuat kita membeli rumah di luar kemampuan.

Mulai Investasi

Tidak hanya menabung, investasi bisa kita lakukan agar tabungan untuk membeli rumah secara lunas dapat bertambah. Kita bisa berinvestasi dengan modal yang terjangkau lebih dulu seperti reksa dana, deposito, atau emas.

Menentukan Besar Cicilan

Membeli rumah secara lunas memang memerlukan biaya yang lebih besar. Tetapi, kita juga dapat membeli rumah melalui cicilan KPR. Apabila kita memilih untuk membeli rumah dengan KPR, maka kita perlu menentukan besaran cicilan yang sesuai dengan gaji dan kemampuan.

Tetap Menyiapkan Dana Darurat

Dana darurat merupakan dana yang kita butuhkan ketika ada keadaan yang mendesak seperti sakit, kecelakaan, atau PHK sewaktu-waktu. Alokasi dana ini bisa kita manfaatkan untuk membayar cicilan yang akan jatuh tempo.

Tidak Membeli Properti yang Belum Jadi

Apabila kita ingin memiliki rumah dengan cara membayar lunas, lebih baik memilih properti yang sudah siap huni atau sudah selesai proses pembangunannya. Jadi, kita harus menghindari membeli rumah yang masih dalam tahap pembangunan. Tentunya, ini lebih berisiko bagi kita.

Jika sudah menemukan properti yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan kita, kita bisa berdiskusi dengan pemilik untuk proses pembayarannya. Biasanya, ada pembayaran secara bertahap untuk mereka yang ingin membayar lunas.

Itulah cara membeli rumah cash dengan gaji UMR yang bisa kita coba mulai sekarang. Yukk ikuti terus Jendela Inspirasi dan dapatkan informasi menarik setiap harinya. Semoga bermanfaat, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *