Suntuk Menunggu Waktu Berbuka? Coba Kebiasaan Ngabuburit Ini

Islam adalah agama dengan penganut terbanyak di Indonesia yang keberadaannya menjadi mayoritas di beberapa daerah. Salah satu ibadah yang ditunggu-tunggu keberadaannya adalah ibadah puasa di bulan Ramadhan! Banyak kebiasaan unik di yang diberitakan seperti di https://www.smartfren.com/id/explore/article/kebiasaan-ngabuburit-para-millenials misalnya.

Indonesia dengan beragam suku dan budaya ternyata memiliki kebiasaan berbeda dalam ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka puasa. Kebiasaan ini sepertinya akan sulit ditemukan di beberapa negara lain walau sama menjalani ibadah puasa. Jadi kebiasaan ngabuburit yang terangkum dalam berita Smartfren ini akan mengusir semua kebosanan yang terasa mencekik.

1. Kebiasaan Ngabuburit Lamongan

Masyarakat lamongan memiliki cara tersendiri dalam menunggu waktu berbuka puasa. Kebiasaan ini sudah hadir sejak lama terutama di masyarakat yang bermukim di sekitar bantaran Sungai Bengawan Solo. Tradisi di tempat ini adalah tradisi bernama kumbohan, yakni berburu ikan munggut atau biasa disebut dengan ikan mabuk oleh warga lokal. Berburu ikan ini biasa dilakukan oleh lintas generasi mulai dari anak kecil hingga para dewasa.

2.  Tradisi Ngabuburit Jepara

Di Jepara, kebiasaan ngabuburit mulai berubah dari tradisi-tradisi lokal menjadi kebiasaan yang baru-baru ini hadir. Anak-anak kecil di tempat ini biasa menunggu maghrib tiba dengan berburu, “Om, telolet Om!” atau klakson bus dengan suara berbeda. Kebiasaan ini sempat viral pada akhir 2016 lalu dan masih tetap dilakukan anak-anak di Desa Ngabul sebagai “ritual” menjelang berbuka puasa.

3. Ngabuburit di Tegal

Lain tempat juga lain geografis dan kenampakan alam sekitar yang juga membuat kebiasaan ngabuburit berbeda. Di Kabupaten Tegal yang notabene terletak di Pantai Utara, ngabuburit biasanya dinikmati di tepi pantai. Berita Smartfren mencatat ini menjadi kesenangan tersendiri menikmati bulan Ramadhan dengan memancing atau sekedar berjalan-jalan di pantai.

Inspirasi Lainnya  5 Cara Melancarkan Menstruasi Secara Alami yang Sangat Ampuh

4. Majalengka

Berbeda dengan kota lain, Majalengka punya kebiasaan unik menunggu adzan Maghrib yang tak kalah serunya. Masyarakat di sana akan bergerombol dan biasa menerbangkan layang-layang hias di sekitar sawah mereka terutama oleh masyarakat yang berprofesi sebagai petani. Sangat mengagumkan melihat layang-layang memenuhi langit-langit Majalengka yang merupakan momen langka.

Jadi itu adalah beberapa kebiasaan ngabuburit berbeda di berbagai wilayah Indonesia yang bisa dirangkum dalam berita Smartfren kali ini. Kegiatan di atas bisa dilakukan oleh siapa saja dan pastinya bisa mengusir rasa bosan menunggu adzan Maghrib yang tak kunjung datang.

Leave a Comment