Kepribadian Menurut Cara Makan – Kamu seperti apa yang kamu makan. Peribahasa ini mungkin benar adanya. Hal ini karena kepribadian seseorang bisa memengaruhi jenis makanan yang akan dikonsumsi. Begitu juga sebaliknya, jenis makanan yang sering seseorang secara perlahan akan berdampak pada kepribadiannya.

Seorang ahli dalam bidang perilaku makan yang pencetus Food-ology bernama Juliet A. Boghossian pernah menyatakan bahwa cara seseorang menikmati makanannya mempunyai kaitan yang erat dengan kepribadiannya.

Mengenal Kepribadian Menurut Cara Makan

Kemudian, Boghossian melakukan menelitian dengan pengamatan selama lebih dari 20 tahun. Hasilnya, dia bisa melakukan pengelempokkan karakater manusia menjadi beberapa kategori. Mau tahu apa saja? Yuk, simak artikel dari Jendela Inspirasi ini hingga akhir!

Makan Secara Perlahan

Apakah kamu sering menjadi orang yang paling akhir menghabiskan makanan? Jika iya, berarti kamu masuk dalam tipe orang yang suka menyantap makanan dengan perlahan. Kamu lebih senang menikmati hidangan dengan lambat untuk memastikan tidak ada rasa yang terlewat dari lidahmu.

Berdasarkan hasil pengamatan dari Boghossian, orang dengan tipe ini mempunyai kepatuhan yang tinggi dalam menjalani rutinitas. Hal ini karena mereka tidak mau melakukan kegiatan yang bersifat mendadak.

Tipe ini cenderung keras kepala dan mengutamakn kepentungan diri sendiri sebelum orang lain. Positifnya, orang yang makan secara lambat biasanya akan lebih detail dalam menyelesaikan pekerjaan dan selalu melakukan hal dengan rencang yang matang.

Makan Secara Terburu-buru

Orang dengan kebiasaan makan secara cepat biasanya kurang mampu menentukan skala prioritas. Banyak dari mereka kadang kesulitan jika harus melakukan beberapa pekerjaan secaa bersamaan.

Namun, tipe ini dapat mengutamakan kepentingan orang lain yang mereka anggap berharga dalam hidup. Faster eater  ini sangat produktif dan selalu mampu bergerak cepat untuk menyelesaikan pekerjaan.

Senang Mencampurkan Makanan

Jika kamu adalah orang yang suka mengaduk makanan sebelum menikmatinya berarti kamu masuk dalam kategori kepribadian ini. Tipe yang satu ini merupakan individu yang dapat menjalankan beberapa tanggung jawab secara bersamaan dengan efektif.

Kamu cukup multi tasking, bukan? Akan tetapi, orang seperti sering merasa sulit untuk memutuskan apa yang paling utama untuk dicapai lebih dulu. Selain itu, individu ini akan sulit berkonsentrasi pada tugas tertentu karena terbiasa mengerjakannya sekaligus.

Suka Memisah-misahkan Makanan

Pernahkah kamu melihat orang yang menyantap makanannya dengan memisahkan berdasarkan bagian yang paling mereka sukai? Menikmati makanan dengan menyantapnya satu per satu merupakan ciri dari orang yang task oriented.

Tipe ini memiliki kemampuan fokus yang baik untuk menyelesaikan tugas sesuai dengan perintah. Orang seperti ini cenderung memilih pendekatan secara metodis ketika akan melakukan sesuatu.

Sayangnya, orang dengan cara makan ini biasanya kurang fleksibel ketika  menghadapi keadaan yang tidak biasa terjadi.

Memotong Daging Sekaligus Sebelum Memakannya

masih ingatkah bagaimana caramu menikmati steak? Memotongnya setiap akan menyantapnya atau memotongnya sekaligus sebelum memakannya? Jika kamu memotongnya sekaligus, maka kamu termasuk tipe yang strategis, metodis, dan berpikir jangka panjang.

Tipe seperti ini sangat cocok untuk pekerjaan yang memerlukan pemikiran yang logis dan presisi seperti bidang akuntasi, komputer, maupun teknik.

Senang Mencoba Makanan Baru

Apakah kamu sering penasaran dengan menu yang masih asing di telinga atau suka melakukan percobaan untuk menciptakan rasa yang berbeda? Jika iya, berarti kamu merupakan orang yang kreatif dan berani melawan arus.

Tipe ini tidak takut untuk mencoba hal-hal baru dalam kehidupan. Namun, hal ini terkadang membuat hidup menjadi terlalu penuh dengan kejutan dan ketidakpastian.

Nah, itulah pembahasan mengenai mengenal kepribadian seseorang dari cara makan menurut penelitian Boghossian. Kalau kamu masuk ke dalam tipe apa? Tulis jawaban di kolom komentar ya. Kamu juga bisa membaca referensi terkait makanan yang bisa menghilangkan stres di laman Jendela Inspirasi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *