Kenapa cowok tidak suka curhat – Pernah merasa kesal karena tiba-tiba doi menghilang tanpa kabar alias ghosting? Atau mungkin ketika kita ajak komunikasi, dia justru menarik diri dan tidak ingin mengganggu siapapun, termasuk pasangannya?

Memang terkadang kita perlu memaklumi tingkah laku aneh para lelaki, ya. Apalagi jika mereka sedang banyak masalah yang kadang mempengaruhi kesehatan mental. Tapi, kita tidak boleh salah sangka dulu, ya.

Fakta Unik Kenapa Cowok Tidak Suka Curhat

Sebenarnya, ada alasan secara psikologis yang bisa menjelaskan kenapa para lelaki itu tidak suka curhat. Penasaran? Yuk, simak bareng-bareng sampai selesai!

Perbedaan Volume Otak dan Cara Berpikir

Yang pertama, kita bahas dari segi kognitif dulu, ya. Cowok dan cewek ternyata mempunyai volume otak yang berbeda. Nah, otak cowok itu ternyata lebih besar 10% dari otak cewek, lho. Apakah volume yang lebih besar berarti cowok cenderung lebih cerdas?

Jangan menarik kesimpulan dengan buru-buru, ya. Perbedaan volume ini tidak ada kaitannya dengan intelegensi, tetapi berdampak pada fungsi pada area tertentu di otak.

Lobus inferior perietal pada cowok cenderung lebih besar dari yang cewek miliki. Bagian otak ini merupakan area yang berkaitan dengan kemampuan menebak, matematis, dan penilaian.

Itulah penyebabnya mengapa cowok memiliki pola pikir yang lebih logis. Berdasarkan penelitiandari Diane Halpern, cewek cenderung lebih terampil dalam kemampuan secara verbal, terutama pada menulis dan berbicara.

Tetapi, beberapa ilmuan masih berusaha untuk menggali terus apa penyebab perbedaan kognitif antara cewek dan cowok tersebut. Terdapat spekulasi yang paling memungkinkan yakni adanya evolusi selama berabad-abad sehingga membuat manusia selalu belajar cara berperilaku dan berpikir.

Perbedaan Cara Mengelola Emosi

Jika melihat teori, cewek dan cowok cenderung mempunyai perbedaan dalam memproses emosi. Hal ini tentunya karena pengaruh biologis dan sosial budaya sekitar. Hormon memberi dukungan terhadap perkembangan organ reproduksi dan pertumbuhan fisik.

Kenapa cowok tidak suka curhat? Karena ecara emosional, tinggi rendahnya kadar testosteron mampu berpengaruh pada perubahan suasana hati cowok. Kadar hormon testosteron yang normal akan membantu kestabilan emosi cowok.

Jika cowok mengalami stres berkepanjangan, maka akan terjadi peningkatan kortisol sehingga testosteron menurun dan menyebabkan dirinya rentan terkena depresi dan kecemasan. Itulah mengapa, bahkan untuk urusan memilih pasangan hidup pun, cowok cenderung tertutup.

Lalu, bagaimana cara cowok mengelola emosinya? Sebenarnya, caranya tidak jauh berbeda dengan cewek, lho. Keduanya memiliki sistem limbik pada otak yang berperan dalam reaksi emosional, reproduksi, dan kewaspadaan.

Menurut sebuah penelitian dari Deng pada tahun 2016, cewek lebih ekspresif daripada cowok, khususnya ketika berhadapan dengan emosi yang negatif.

Perbedaan ini terlihat dari jantung cewek yang berdetak jauh lebih cepat daripada cowok jika mendapat stimulus yang memancing emosi negatif. Secara biologis, detak jantung yang mengalami peningkatan merupakan sebuah respon manusia terhadap rasa takut atau marah.

Adanya Stereotip yang Memengatuhi Pandangan Cowok

Kita perlu tahu bahwa budaya masyarakat sekitar yang cenderung patriakis ternyata berpengaruh terhadap keterbukaan cowok mengenai emosional mereka. Masyarakat Asia mempunyai budaya yang mampu berdampak pada kehidupan cowok melalui pandangan toxic masculinity.

Pernah mendengar bahwa cowok tidak boleh menangis? Ungkapan ini menjadikan cowok harus menjadi pribadi yang kuat dan tahan banting. Harapan masyarakat sangatlah tinggi terhadap para lelaki, baik dari perilaku, status sosial, pendidikan, hingga status ekonominya.

Harapan tersebut karena ada pandangan bahwa laki-laki harus menjadi pemimpin keluarga yang tangguh, mampu memberikan nafkah kepada wanita, dan sikapnya bisa menjadi teladan bagi keturunannya.

Itulah alasan kenapa cowok tidak suka curhat. Kita bisa mendekatkan diri dengan pasangan dan menjadi pendengar yang baik ketika mereka ingin bercerita. Jangan paksa jika mereka tidak mau berkata, cukup beri dukungan terbaik untuk segala situasi yang mereka hadapi. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *