3 Objek Wisata Halal di Banjarmasin untuk Wisatawan Muslim

Belakangan, tren wisata halal kian marak ditemukan di sejumlah lokasi wisata di Indonesia. Banjarmasin menjadi salah satu kota yang akan menegaskan diri menjadi kawasan wisata halal di Kalimantan Selatan. Berikut 3 rekomendasi wisata halal di Banjarmasin yang bisa kamu kunjungi  saat liburan tiba.

Menengok Suasana Pasar Terapung Muara Kuin

Jalan-jalan ke Banjarmasin, rasanya kurang lengkap kalau kamu belum berkunjung ke Pasar Terapung Muara Kuin. Di lokasi ini, kamu bisa melihat para penjual yang menjajakan dagangannya di atas perahu.

Bagi masyarakat setempat, keberadaan Pasar Terapung Muara Kuin cukup legendaris karena pasar ini sudah ada sejak 400 tahun silam. Kabar lain menyebutkan bahwa Pasar Terapung Muara Kuin sendiri menjadi pasar apung tradisional tertua di Indonesia.

Sambil melihat riuhnya para pedagang berjualan di atas perahu, kamu bisa turut berbelanja berbagai jenis ikan, buah, sayur-sayuran, hingga kebutuhan rumah tangga yang banyak dijual di sini.

Kalau tertarik untuk berkunjung, kamu bisa datang sejak subuh hingga 09.00 WITA. Tak jauh dari lokasi pasar, terdapat Masjid Sultan Suriansyah yang bisa kamu gunakan untuk menunaikan salat wajib maupun sunah.

Kampung Sasirangan

Siapa bilang kain batik ada di Pulau Jawa saja? Kalimantan Selatan juga punya batik yang dikenal sebagai kain sasirangan. Kain sasirangan sendiri hadir dalam motif beragam seperti jumputan dan gigi haruan.

Selain dua motif di atas, ada juga motif gradasi yang memadukan motif bunga dan laba-laba. Di antara motif yang ada, motif gradasi inilah yang paling populer di kalangan wisatawan milenial.

Dulu, kain sasirangan hanya digunakan untuk menghadiri acara adat. Namun, sekarang kain ini bisa dipakai untuk aktivitas harian. Untuk menemukan kain sasirangan, silakan mengunjungi Kampung Sasirangan yang berlokasi di Jl. Seberang Masjid.

Inspirasi Lainnya  Panduan Mudah Cara Berhenti Donasi UNICEF yang Baik dan Benar

Kawasan ini merupakan pusat pembuatan batik khas Kalimantan Selatan. Jadi, sambil belanja kain sasirangan, kamu pun berkesempatan untuk melihat langsung bagaimana proses pembuatannya.

Bila kunjungan bertepatan dengan waktu salat, kamu bisa singgah di Langgar Al-Muttaqin yang berjarak sekitar 57 meter dari lokasi untuk menunaikan ibadah.

Taman Siring Martapura

Berkumpul dan bersantai bersama keluarga saat akhir pekan bisa jadi momen menyenangkan. Salah satu tempat asyik di Banjarmasin untuk liburan bareng keluarga adalah  Taman Siring Martapura.

Berlokasi  di Jl. Kapt. Piere Tendean, taman ini banyak ditumbuhi pohon-pohon sehingga suasana di sekitar terasa rindang. Tersedia dudukan yang bisa kamu manfaatkan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan Sungai Martapura. Di tempat yang sama, kamu juga akan menemukan menara pandang, tempat kamu bisa menyaksikan keindahan kota Banjarmasin dari ketinggian. Bagi masyarakat sekitar, sore hari merupakan waktu yang tepat untuk berkunjung ke Taman Siring Martapura.

Bila mencari tempat untuk ibadah, sekitar 550 meter dari Taman Siring Martapura kamu akan menemukan Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Itulah 3 tempat wisata halal yang ada di Banjarmasin. Tertarik untuk menghabiskan momen liburan di Banjarmasin setelah wabah virus Corona berakhir? Kamu bisa booking hotel lewat Airy mulai dari sekarang. Airy menyediakan beragam pilihan hotel di Banjarmasin dengan harga terjangkau. Bukan hanya itu, selama menginap di Airy, kamu akan mendapatkan 7 jaminan kenyamanan sekaligus. Apa saja?

Pancuran air hangat misalnya. Setelah seharian menjelajah kota Banjarmasin, kamu bisa membuat tubuh kembali relaks dengan mandi air hangat. Selain itu, ada juga air minum gratis, bebas akses wifi, tempat tidur nyaman, TV layar datar, AC, dan perlengkapan mandi.

Inspirasi Lainnya  1000+ Kata Kata Galau Paling Menyentuh Hati dan Penuh Makna 2019

Leave a Comment