Pengaruh ibadah terhadap kesehatan mental – Dalam kehidupan sehari-hari, umumnya kita semua pernah berhadapan dengan sebuah permasalahan. Mulai dari masalah yang kecil maupun besar, masalah yang mudah hingga yang sangat sulit dan sebagainya. Oleh karena itu, adanya sarana solusi seperti berbagai kegiatan yang bisa menenangkan jiwa sangatlah kita butuhkan.

Dalam psikologi islam, kegiatan yang menenangkan jiwa di antaranya terapi tentang masalah kejiwaan, olahraga yoga hingga beribadah untuk mendekatkan diri kepada Sang Khaliq. Ibadah sendiri tentunya mempunyai peran yang sangat penting bagi keseimbangan jiwa manusia. Di mana, keseimbangan tersebut didapat ketika kita bisa melakukan hidup yang seimbang antara ibadah serta rutinitas yang dikerjakan sehari-hari.

Adakah Pengaruh Ibadah Terhadap Kesehatan Mental? Berikut Uraiannya

Tidak banyak yang tahu jika ibadah sangat berpengaruh terhadap mental dan attitude seseorang. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang pengaruh ibadah terhadap kesehatan mental dan attitude seseorang. Yuk langsung kita simak baik-baik!

Bisa mencegah perbuatan buruk

Setiap agama apapun pastinya mengajarkan tentang hal-hal baik kepada umatnya. Ibadah memiliki pengaruh terhadap kejiwaan manusia. Sebab, jika seseorang rajin melakukan ibadah dan selalu berpegang teguh pada setiap hal kebaikan, maka pasti akan memberikan sikap optimis pada diri seseorang.

Sikap ini bisa menimbulkan perasaan yang positif, misalnya rasa puas, merasa aman, merasa dicintai dan perasaan positif lainnya. Secara tidak langsung, kita akan terhindar dari kegiatan yang kurang baik atau perbuatan buruk.

Bagi umat Muslim, puasa menciptakan ketakwaan

Khusus untuk umat Muslim, beribadah puasa adalah suatu kewajiban yang harus dijalani setiap tahunnya. Ternyata, puasa memiliki peranan yang penting terhadap mental dan ketakwaan seseorang. Pasalnya, seseorang yang melakukan puasa secara tidak langsung melakukannya dengan ikhlas.

Tujuannya tentu untuk beribadah pada Tuhannya, sehingga menciptakan sebuah ketakwaan. Tak hanya itu, puasa juga menciptakan nilai-nilai kebaikan lain seperti rasa sabar, ikhlas, rendah hati serta pemurah yang akan berpengaruh terhadap keadaan di lingkungannya.

Bisa membuat jiwa menjadi bersih

Pada umumnya, manusia memiliki sifat rakus dan kikir. Sifat tersebut bisa kita batas dengan beribadah sesuai agama masing-masing, agar perbuatan yang tidak baik tersebut bisa terkendali. Ibadah juga bermanfaat untuk relaksasi bagi jiwa, yang tentunya termasuk pengaruh ibadah terhadap kesehatan mental.

Untuk umat Muslim, terdapat ibadah zakat yang wajib dikeluarkan setiap tahunnya sebesar 2.5%, baik dalam bentuk beras maupun harta. Adanya ibadah tersebut membuat kita bisa menyucikan jiwa dan rohani. Tujuannya agar lebih bersih hatinya serta taat dalam melaksanakan ibadah sebagai salah satu cara memelihara kesehatan mental.

Menghindarkan manusia dari kejahatan dan permusuhan

Seperti yang dibahas sebelumnya, ibadah bisa menjadi pembatas dan membentengi manusia dari perbuatan jahat. Selain itu, kita juga akan patuh terhadap larangan dan memiliki pengendalian diri untuk berbuat kejahatan. Salah satunya menciptakan permusuhan kepada manusia lain.

Karena, setiap agama yang ada di muka bumi ini tentu mengajarkan kebaikan dan melarang umatnya untuk berbuat kejahatan dan menimbulkan permusuhan kepada sesamanya.

Pikiran jauh lebih tenang

Bagi seseorang yang tengah tertimpah masalah, solusi pertama yang disarankan oleh psikolog adalah mendekatkan diri kepada Tuhannya. Dengan beribadah, pikiran akan jauh lebih tenang dan fokus melakukan hal-hal yang lebih positif. Labih jauh, bahkan dengan ibadah bersama bisa menjadikan rumah tangga bahagia, lho.

Secara tidak langsung, ibadah akan menjaga seseorang agar terhindar dari berbagai pikiran-pikiran negatif yang bisa membuat diri semakin putus asa dan tidak ada motivasi untuk memecahkan masalah yang ada.

Demikianlah ulasan mengenai seberapa penting pengaruh ibadah terhadap kesehatan mental seseorang. Nyatanya, sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan dalam kehidupan. Semoga ulasan ini bermanfaat, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *