Makanan yang bisa menghilangkan stres – Pola makan sehat dan kebiasaan mengonsumsi nutrisi memiliki hubungan erat dengan kesehatan psikis setiap orang. Bisa disimpulkan, apa yang kita makan pasti mempunyai dampak terhadap kesehatan mental.

Perlu kita ketahui bahwa saluran pencernaan dapat menghasilkan kurang lebih 95% hormon serotin yang bisa membantu tubuh mengelola suasan hati. Hormon tubuh ini mampu memengaruhi emosi bahagia atau mengurangi rasa sakit.

Dengan begitu, makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menghilangkan stres dan memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Makanan yang Bisa Menghilangkan Stres? Coba Deh

Berikut ini 4 makanan yang bisa membantu kita mengurangi rasi cemas dan stres. Simak hingga akhir, ya sobat sehat!

Omega 3 dari Ikan

Asam lemak omega 3 merupakan lemak tidak jenuh ganda yang tidak bisa tubuh produksi sendiri. Oleh sebab itu, kita bisa mendapatkannya melalui makanan sehat. Asam lemak ini mempunyai jenis yang paling umum.

Pertama, EPA atau Eicosapentaenoic Acid yang bisa memproduksi bahan kimia untuk mengurangi gejala depresi dan peradangan. Kedua, DHA atau Docosahexaenoic Acid yang membentuk 8% berat otak dan berperan dalam perkembangan maupun fungsi otak.

Ketiga, ALA atau Asam Alfa-linolenar yang bisa berkoversi menjadi EPA atau DHA. ALA sendiri berperan dalam penciptaan energi.

Banyak hasil penelitian yang menyatakan bahwa asam lemak omega 3 dapat membantu mengurangi gejala kecemasan dan susah tidur. Omega 3 mempunyai efek anti inflamasi untuk otak.

Oleh sebab itu, WHO menganjurkan konsumsi ikan yang mengandung omega 3 minimal dua porsi dalam sepekan. Ikan dengan kandungan omega 3 cukup tinggi adalah salmon dan tuna. Sedangkan, para vegatarian bisa menggantinya dengan biji labu, kenari, atau biji chia.

Makanan Fermentasi

Kesehatan otak memiliki kaitan dengan kesehatan usus. Jika kita ingin menyehatkan bakteri usus, maka kita perlu menyantap makanan prebiotik dan probiotik. Manfaat mengonsumi makanan fermentasi adalah mengurangi rasa cemas dan depresi.

Tidak perlu mengonsumsi sumplemen khusus untuk mendapatkan manfaatnya. Kita bisa memperolehnya dari makanan fermentasi yang mengandung prebiotik dan probiotik tinggi seperti kimchi, yogurt, miso, cuka apel, dan kombucha.

Makanan dengan Kandungan Vitamin D

Pada bagian otak manusia, ada reseptor vitamin D yang mampu memengaruhi suasana hati dan perilku seseorang, termasuk pemicu depresi. Kekurangan vitamin D bisa mendorong rasa cemas, depresi, bahkan penurunan fungsi kognitif.

Ada beberapa rekomendasi terkait konsumsi vitamin D harian berdasarkan usia. Untuk orang yang sudah dewasa sebaiknya mengonsumsi 600 sampai 800 unit internasional (IU) vitamin D. Sumber makanan yang kaya dengan vitamin D yang mudah kita temui adalah kuning telur dan jamur.

Cokelat Tetap Menjadi Pilihan

Coklat merupakan makanan yang bisa menghilangkan stres dan cemas. Beberapa ahli kesehatan menyatakan bahwa cokelat, terutama cokelat hitam mengandung kakao 70 persen. Selain iu, cokelat juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga bisa mengatasi peradangan, memperbaiki mood, dan meningkatkan daya tahan tubuh maupun ingatan.

Makan cokelat hitam dapat memberikan banyak manfaat untuk otak, lho. Salah satunya, membantu meningkatkan kemampuan otak dalam reorganisasi dalam bentuk dengan interkoneksi baru pada saraf. Kadang, kenapa cowok tidak suka curhat? Karena cukup dilampiaskan dengan makan coklat. Jadi bukan hanya cewek ya, hehe.

Meskipun banyak manfaatnya bagi kesehatan, terutama pada kesehatan mental. Kita juga tidak boleh mengonsumsi cokelat secara berlebihan. Makanan tinggi gula juga mempunyai dampak negatif bagi tubuh yang sedang stres.

Itulah beberapa makanan yang bisa menghilangkan stres dan cemas yang bisa kita coba di rumah. Namun, jangan mengonsumsi makanan secara berlebihan, ya. Selalu perhatikan anjuran konsumsi harian agar manfaatnya bisa tubuh rasakan dengan maksimal. Salam sehat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *