Mana yang Menguntungkan, Pilih Investasi Saham atau Deposito?

0
33

Memilih investasi terpercaya sudah pasti bukan menjadi hal yang mudah, lebih-lebih untuk generasi milenial yang ingin memasukkan uangnya. Perlu berbagai macam pertimbangan untuk memulai seperti faktor risiko, keuntungan dan yang lainnya. hal ini harus dilakukan karena begitu banyak instrumen investasi yang ada di pasaran.

Dari berbagai instrumen tersebut, ada yang sangat cocok untuk kaum milenial yakni saham dan deposito. Keduanya memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Dari kedua investasi di atas, mana yang akan memberikan keuntungan?

Deposito

Bank menentapkan bunga deposito sesuai dengan tenor dan nilainya. Biasanya berada di angka 4,7 persen. Suku bunga deposito memang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan. Bunga deposito mengikuti acuan dari BI, sehingga tidak heran bila pendapatan yang dimiliki deposito bisa dikatakan tetap, bahkan perubahannya sangat minim setiap tahun.

Produk ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bermain aman, karena risiko deposito sangat rendah. contohnya Anda menyetor uang ke dalam produk deposito sebesar Rp 200 juta dengan bunga 5% per tahun, pendapatan dari investasi ini per tahun sebesar Rp 10 juta. Bila Anda melakukan deposito dengan tempo 1 tahun, di akhir masa deposito, Anda akan memperoleh pendapatan sebesar Rp 220 jutaan, dana tersebut belum dipotong pajak deposito.

Bagaimana dengan saham?

Beda dengan saham, keuntungan investasi ini sangat fluktuatif, bergantung dari pergerakan pasar serta kinerja yang dimiliki perusahaan yang sahamnya sudah Anda beli. Contohnya Anda memiliki aung Rp 200 juta dan membeli saham perusahaan dengan harga Rp 1.000 per lembar, Anda akan memperoleh 2000 lembar saham. Bila dalam setahun saham tersebut mengalami kenaikan Rp 500, dan menjadi Rp 1500 per lembar, Anda bisa menghitung besarnya keuntungan yang akan Anda peroleh. Tentu lebih besar dibandingkan dengan deposito.

Inspirasi Lainnya  4 Dampak Buruk Jika Infeksi Telinga Tidak di Obati Secara Total

Jika hanya hitung menghitung, memang saham memiliki imbal hasil yang tinggi, namun apakah Anda sudah siap dengan risiko yang harus ditanggung? Jika ingin memulai investasi, salah satu platform yang dapat Anda pilih adalah Tanamduit. Beriinvestasi bahkan mendaftar asuransi kesehatan online bisa Anda lakukan di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here